Gangguan Kamtibmas dan Kejahatan Konvensional Berkurang di Kota Bima Selama Bulan Puasa

Kota Bima, Solusinewsntb.- Polres Bima Kota terus meningkatkan patroli rutin setiap hari selama bulan puasa ramadhan, hasilnya eskalasi gangguan kamtibmas menurun dan kasus kejahatan konvensional juga berkurang.

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi,S.Ik dan Wakapolres KOMPOL Mujahidin, S.Sos. foto : Ist

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi mengatakan, pihaknya meningkatkan patroli dan operasi selama bulan puasa. Bahkan sebelum hingga memasuki 20 hari puasa ramadhan, kegiatannya terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh anggota pada semua unit serta dari jajaran Polsek.

“Sebelum dan selama puasa, setiap hari kita lakukan patroli dan operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD),” Ujarnya didampingi Wakapolres Bima Kota, Kompol Mujahidin, Kamis (13/4).

Kata Kapolres, anggota patroli dan operasi dibagi menjadi tiga komponen waktu. Yakni pada saat ngabuburit atau penjagaan rawan sore, kemudian saat shalat tarawih hingga dini hari oleh anggota non muslim serta dilanjutkan saat sahur sampai menjelang pagi.

“Selain seluruh anggota pada semua unit di Polres, semua personil di Polsek yang ada, juga dikerahkan untuk operasi dan patroli KRYD ini, dibawah komando Perwira Pengawas,” Katanya

Kapolres mengaku, dari hasil operasi dan patroli KRYD selama puasa, eskalasi gangguan kamtibmas seperti balap liar hingga tawuran di wilayah hukum Polres Bima Kota terus menurun secara signifikan. Termasuk juga bunyi petasan yang dari awal sudah dilarang pengunaannya.

“Sebelum puasa tawuran dan balap liar terjadi. Namun gangguan-gangguan kamtibmas ini terus berkurang selama puasa,” Ungkapnya

Selain itu, operasi dan patroli KRYD dari sore hingga menjelang pagi hari itu juga mengurangi angka kejahatan konvensional, salah satunya kasus curanmor. Sebab saat bulan ramadhan sampai menjelang perayaan Idul Fitri, kasus curanmor biasanya meningkat pada tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, operasi dan patroli KRYD ini cukup optimal dan efektif. Kasus-kasus curanmor yang biasa terjadi, saat ini terus berkurang,” Jelasnya

Meski demikian lanjut Kapolres, upaya preventif selama bulan puasa tetap terus ditingkatkan. Pasalnya, selama bulan puasa banyak muncul kearifan lokal yang perlu diantisipasi, seperti para remaja atau anak-anak membangunkan sahur dengan cara membunyikan sound saat sahur yang dapat menggangu kenyamanan warga.

Selain itu, Kapolres mengingatkan seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Bima Kota untuk bersama-sama menjaga kamtibmas daerah agar tetap kondusif. Para orang tua juga menghimbau anak-anaknya untuk memanfaatkan bulan puasa dengan kegiatan yang positif.

“Yang jelas langkah yang dilakukan dan himbauan yang kita sampaikan selama ini, sebagai usaha kita bersama untuk membawa Kota Bima yang aman, damai dan kearah yang lebih baik lagi,” Paparnya

#S1

Pos terkait