Mahasiswa KKN STIE Bima Gelar Seminar dan Pelatihan Bersama Warga Desa Darussalam

Kabupaten Bima, Solusinewsntb.- Setelah melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon ketapang kencana beberapa waktu lalu, kini Kelompok 3 Mahasiswa KKNT MBKM STIE Bima Angkatan XXI Desa Darussalam menggelar seminar dan pelatihan kewirausahaan bersama warga, Kamis (7/9) sekitar pukul 08.30 wita.

Mahasiswa KKN STIE Bima Gelar Seminar dan Pelatihan Bersama Warga Desa Darussalam. Foto: ist

Kegiatan dengan tema “Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Untuk Pembangunan Berkelanjutan” tersebut dilisankan di Kantor Desa Darussalam dan dihadiri oleh Camat Bolo, Kepala Desa, BPD, masyarakat dan pengurus PKK desa setempat.

Bacaan Lainnya

Ketua Posko KKN STIE Bima Kelompok 3 Desa Darussalam M. Ihzam nuari menyampaikan, seminar wirausaha ini dihelat sebagai langkah kerja nyata mahasiswa yang melaksanakan KKN bersama masyarakat, agar bisa menciptakan peluang usaha dan UMKM yang unggul dari hasil potensi laut serta mengembangkan potensi laut di lokasi KKN.

“Kami mendorong terbentuknya ide- ide kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat mampu mandiri agar minat berwirausaha ini berkembang di Desa Darussalam, termasuk mengembangkan UMKM yang ada, sehingga bisa dikenal secara luas,” ujarnya.

Di desa Darussalam kata Ihzam, komoditi utama yakni kepiting rajungan dan bandeng. Maka melalui seminar ini, masyarakat bisa mengembangkan pengolahan potensi laut tersebut menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis dan dapat dikenal dikenal luas.

Sebagai mahasiswa KKN STIE Bima jelasnya, ingin memberikan ide-ide kreatif untuk pengembangan potensi baru produk turunan komoditi kepiting dan bandeng.

Selain kegiatan seminar mahasiswa KKN STIE Bima juga mengelar kegiatan pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang bernama Elisa Syifa Aini S,PD. Dimana pelatihan dilaksanakan pada hari yang sama dengan diadakannya kegiatan seminar

“Konsep pelatihan yang dilakukan tersebut berupa praktek langsung yang dipimpin langsung oleh narasumber berupa pelatihan pembuatan kerupuk dari kepitingdan diikuti langsung oleh ibu ibu desa Darussalaam,” Katanya

#S1

Pos terkait