Musim Hujan Rawan Banjir, Bupati Bima Minta Masyarakat Siaga Hadapi Bencana

Kabupaten Bima, Solusinewsntb.- Musim hujan masih berlangsung di daerah Kabupaten Bima dan sangat dikhawatirkan dengan adanya banjir. Untuk itu, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri meminta masyarakat tetap siaga hadapi bencana yang bisa saja terjadi.

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri. Foto: Ist

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bima saat mendatangi langsung korban banjir di Desa Pesa Kecamatan Wawo, Senin (7/3).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Bupati Bima menyampaikan, semua daerah sedang menghadapi siklus hujan yang tidak menentu. Oleh karena itu, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bersama seluruh elemen masyarakat diminta untuk mengantisipasi ancaman terjadinya bencana hidrometrologi seperti banjir dan tanah longsor yang mungkin akan terjadi.

“Saya berharap dalam setiap bencana perlu kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi itu semua,” Ujarnya

Kata Bupati, bencana tidak hanya membutuhkan penanganan instansi terkait, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kebersamaan seluruh komponen harus bergerak. Oleh karena itu pahami dengan baik arti kesiapsiagaan dan berperan aktif ketika terjadi bencana.

Ancaman banjir dan tanah longsor harus diantisipasi. Untuk ini saya minta kepada para kepala desa untuk melakukan koordinasi intensif dengan BPBD, Dinas Perkim dan Dinas PU PR serta instansi terkait lainnya dalam dalam melakukan penanganan dana konstruksi pasca bencana.

“penting bagi kita semua untuk antisipasi penanganan bencana hidrometeorologi,” Katanya

Diakhir pertemuan itu, Bupati Bima menyerahkan bantuan bagi korban terdampak bencana banjir di Desa Pesa tersebut.

Selain itu, Bupati Bima juga sekaligus menjaring aspirasi masyarakat berkaitan dengan penanganan bencana di wilayah tersebut.

#S1

Pos terkait