Baznas Kota Bima Gencar Sosialisasi tantang Zakat Fitrah Bersama para Da’i

Kota Bima, Solusinewsntb.- Bulan suci ramadhan 1145 H tahun 2024, Baznas Kota Bima gencar sosialisasi tentang pentingnya membayar zakat fitrah pada saat menjalankan puasa di bulan suci ramadhan. Sosialisasi tersebut, baznas akan menyediakan 21 orang da’i untuk memberikan pencerahan tentang hukum zakat fitrah berdasarkan Alquran dan hadist.

“Semua da’i ini sudah kami angkat dan mulai sosialisasi zakat fitrah di setiap wilayah,” Ujar Kepala Baznas Kota Bima H. Nurdin Mansyur, Senin (25/3).

Bacaan Lainnya

Untuk besaran zakat fitrah tahun sekarang kata Nurdin adalah 2,5 Kg beras atau makanan pokok dan dalam bentuk yang sebesar Rp. 35 ribu perorang.

Nilai zakat berdasarkan hitungan uang tahun sekarang meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp. 25 ribu. Hal itu diakibatkan karena harga makanan pokok seperti beras melonjak.

“Untuk beras tatau makanan pokok lain tetap 2,5 kg, namun jika diuangkan meningkat dibandingkan tahun kemarin,” Katanya

Nurdin juga menjelaskan, bahwa mengeluarkan zakat fitrah itu untuk mensucikan diri dan jiwa. Artinya, mengeluarkan zakat fitrah adalah ibadah yang mampu membersihkan diri dari sifat kikir dan sifat buruk lainnya yang lebih mementingkan kepentingan duniawi.

“Mari kita senantiasa dengan ikhlas mengeluarkan zakat fitrah, karena itu hukumnya wajib bagi umat islam di seluruh dunia,” Ajaknya

#S1

 

 

 

Pos terkait