Optimalkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Bima Teken MoU dengan PWI

Kota Bima, Solusinewsntb.- Optimalkan pengawasan partisipatif pada Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kota Bima teken MoU dengan PWI Kota bima sekaligus mensosialisasikan bentuk pengawasan Bawaslu pada awak media di Kota Bima, Rabu (17/7) sekitar pukul 08.30 Wita.

Ketua PWI Kota Bima Faharudin Bin Kalman dan Ketua Bawaslu Kota Bima Atina, SH. Foto: Ist

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Dining tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Bima Atina, Ketua PWI Kota Bima Faharudin, Ketua AJI Bima Sofiyan As’ari, Sekretaris Bawaslu Subhan, Ketua PWI Bima Firmansyah serta perwakilan media masa dan Panwaslu Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Bima Subhan menyampaikan, kegiatan ini lebih pada langkah dan komitmen bersama dalam mengawas jalannya pesta demokrasi.

Sesuai tindak lanjut hasil rapat pleno, kegiatan ini bertujuan agar media dapat membantu jajaran Bawaslu ikut berpartisipasi pada pemilihan sesuai dengan norma aturan. Apa yang diamanatkan negara, dapat dilaksanakan dengan benar sesuai regulasi.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri, maka peran media dan juga masyarakat sangat penting dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilu. Sebab sebagai penyelenggara negara, kami membutuhkan kerjasama seluruh elemenuntuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman, tertib dan berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bima Atina menyampaikan, kegiatan ini lebih pada silaturahmi sekaligus mempererat hubungan kerjasama dengan media massa, dalam mengawas seluruh tahapan Pemilu dan juga Pilkada.

Langkah ini untuk menyamakan persepsi, komunikasi hingga kerjasama yang bisa dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengawasan Pemilu secara bersama.

Terdapat keterbatasan SDM dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi, karena itu pihaknya turut menggandeng organisasi lain seperti PWI Kabupaten Bima dan juga Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang memiliki sumber daya yang mumpuni, untuk bersama mengawal jalannya tahapan, serta proses pemilu.

Atina berharap, sebagai pengawas Pemilu ke depan bisa pihaknya selalu intens berkoordinasi dan dapat bersinergi dalam hal pengawasan partisipatif, sehingga peran media dalam mengawal pesta demokrasi akan berjalan dengan baik.

“Media merupakan salah satu pilar demokrasi, sehingga peran dalam mengawal proses demokrasi sangat penting,” imbuhnya.

#S1

Pos terkait